Ini Dia Tata Cara Tahallul Saat Ibadah Haji dan Umrah

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 03 November 2023, 14:00:00

Ketika menunaikan ibadah haji dan umrah, terdapat kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan yaitu rukun haji dan umrah. Rukun wajib dikerjakan karena apabila tidak dikerjakan maka haji dan umrah Anda tidak sah. Sebagai orang muslim, Anda harus mengetahui tata cara rukun haji dan umrah. sebab, haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan.

Salah satu rukun haji yang sepertinya sepele namun penting adalah tahallul. Apa itu tahallul? Tahallul adalah mencukur rambut sebagian atau seluruhnya ketika melaksanakan haji dan umrah, setelah rukun sa’i. Menurut bahasa, tahallul artinya “menjadi boleh atau halal”. Maksudnya, tahallul merupakan pertanda bahwa Anda haji dan umrah sudah diperbolehkan melakukan hal-hal yang jadi larangan ketika ihram. 

25.jpg

Photo by Nick Demou from Pexels

Setelah melaksanakan tahallul, berakhir pula rangkaian ibadah umrah yang Anda kerjakan. Bisa dikatakan, tahallul merupakan rukun terakhir dalam rangkaian ibadah umrah yang harus Anda kerjakan. Kemudian, bagaimanakah tata cara pelaksanaan tahallul tersebut?

Berikut ini akan kita bahas tuntas tentang tahallul. Ada baiknya, Anda mengetahui tentang tata cara tahallul ini jauh sebelum Anda pergi haji atau umrah. Sehingga, Anda tak bingung tentang apa yang harus Anda kerjakan walaupun nantinya Anda akan dibimbing oleh ketua rombongan atau jamaah. Yuk, simak informasinya sampai habis ya!

Cara Pelaksanaan Tahallul

Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian sebelumnya, cara mengerjakan tahallul adalah dengan memotong sebagian rambut atau seluruhnya. Sebagai dasarnya adalah firman Allah SWT dalam Q.S. Al Fath ayat 27 yang terjemahannya:

“Sesungguhnya kamu tetap memasuki Masjidil Haram (pada waktu tertentu ) dalam keadaan aman (menyempurnakan ibadah) dengan mencukur rambutmu, atau jika tidak menggunting sedikit rambutnya..”

Mengenai tahallul ini, para ulama sepakat bahwa tahallul dibagi menjadi 2 cara yaitu tahallul pertama atau disebut juga dengan tahallul awal serta tahalul kedua atau tahallul tsani. 

Secara singkat, tahallul pertama adalah ketika|saat) jamaah sudah melaksanakan dua dari tiga amalan haji yakni melempar jumrah Aqobah, mencukur rambut serta thawaf ifadhah. Jadi, dapat dikatakan bahwa ia sudah mengerjakan tahallul pertama dan sudah terbebas dari larangan ihram kecuali melakukan hubungan suami istri dan melakukan akad nikah.

26.jpg

Photo by mostafa meraji on Unsplash

Sedangkan tahallul kedua adalah saat jamaah telah mengerjakan tiga amalan haji yang disebutkan di atas, maka halal bagi mereka melakukan seluruh larangan yang tak dihalalkan dikerjakan saat ihram di antaranya, menggunakan pakaian berjahit, menggunakan wewangian termasuk berhubungan suami istri dan melangsungkan akad nikah.

Tahallul dilakukan setelah menunaikan rukun sa’i, yaitu ketika berada di bukit Marwa. Bagi jamaah pria, boleh memotong sebagian saja namun akan lebih baik jika mencukur keseluruhan rambut sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pastinya, bagi yang ingin mencukur seluruh rambutnya tidak dilakukan di sekitar bukit Marwa namun di luar Masjidil Haram.

Mengapa harus dicukur gundul? Karena terdapat keutamaan apabila seseorang yang haji atau umrah mencukur habis rambutnya. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah mendoakan satu kali bagi orang yang mencukur sebagian rambutnya, tetapi bagi orang yang mencukur habis rambutnya maka Rasulullah mendoakan sebanyak tiga kali. Pastinya, Anda ingin didoakan Rasulullah lebih banyak bukan? Kecuali, bagi laki-laki yang tidak mempunyai rambut, maka cukup dengan isyarat mencukur rambut.

Sedangkan bagi yang perempuan, cukup memangkas minimal 3 helai dari rambutnya yang dipotong oleh wanita lain, suami atau mahramnya yang sudah melaksanakan tahallul juga. Yang perlu diperhatikan, terutama bagi jamaah wanita, harus lebih hati-hati saat pelaksanaan tahallul. Upayakan agar aurat tetap aman saat memotong rambut sebab rambut adalah bagian dari aurat wanita.

Hikmah Tahallul

Tahallul dikerjakan dengan cara mencukur rambut. Hal ini jadi tanda telah bebas dari hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat ihram. Selain itu, tahallul mempunyai arti membersihkan diri, menyingkirkan pikiran-pikiran kotor, menjauhi hal yang tak berguna dan seterusnya. Selanjutnya, dapat Anda lanjutkan dalam kehidupan sehari-hari untuk melakukan kebaikan-kebaikan setelah pulang dari haji atau umrah.

Dari tahallul Anda akan belajar, untuk meningkatkan keimanan pada Allah SWT. Seperti halnya membersihkan diri dari dosa-dosa, hal buruk, sifat yang jelek dalam diri kita, juga berupaya agar dapat memperbaiki amalan yang dahulu sering Anda lupakan sebelum melaksanakan haji dan umrah. Tentunya ibadah yang Anda kerjakan selama haji atau umrah akan semakin menambah semangat Anda untuk beribadah.

Tahallul adalah rukun haji dan umrah yang paling akhir. Dengan melaksanakan tahallul, lengkap sudah rangkaian ibadah haji serta umrah Anda. Nah, itulah beberapa pengetahuan seputar tahallul pada rukun haji dan umrah. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang sedang mempersiapkan perjalanan ibadah haji dan umrah ke Baitullah.

 

#JannahFirdaus #JannahFirdaus #TheBestTravel #UmrohTerbaik #HajiFuroda

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id