Selain Kurma, Ternyata Ada Beberapa Nama Buah yang Disebut di Al Quran

Kategori : Features, Wisata, Ditulis pada : 20 Februari 2024, 17:00:31

Buah merupakan salah satu bahan makanan yang cukup disukai karena selain rasanya yang enak, juga mengandung banyak vitamin & mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa macam buah yang disebut di dalam Al Quran? Salah satunya adalah kurma yang sering dijadikan oleh-oleh khas saat menunaikan haji & umrah.

Buah yang disebutkandalam Al Quran tentu memiliki banyak keistimewaan, ada yang menyebut bahwa buah-buahan tersebut termasuk ke dalam jenis buah yang ada di dalam surga. Karena, dalam Al Quran digambarkan buah-buahan tersebut nanti dapat dikonsumsi oleh ahli surga. Selain rasa yang lezat, buah tersebut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Nah, penasaran bukan apa saja sih nama buah yang Allah sebutkan dalam Al Quran? Berikut ini 6 buah yang disebutkan dalam Al Quran serta manfaatnya untuk kesehatan. Selamat membaca!

Buah Kurma

Buah yang pertama yaitu kurma. Ya, pasti Anda sudah akrab dengan buah yang satu ini. Walaupun kurma lebih sering kita jumpai di bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri, kurma dapat dijadikan camilan yang lezat setiap hari. Terutama untuk hidangan berbuka puasa sunnah.

jocelyn-morales-nsdjbTJJMYY-unsplash.jpg

Photo by Jocelyn Morales on Unsplash

Kurma disebutkan sebanyak 20 kali dalam 16 surat yang berbeda dalam Al Quran, salah satunya dalam surat Maryam ayat 25-26 yang terjemahannya,

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon tersebut akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka dari itu, makan, minum serta senangkanlah hatimu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakan lah, ‘Sesungguhnya aku telah berjanji berpuasa untuk Tuhan yang Maha Pemurah. Maka aku tak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari itu.”

Ini menandakan bahwa kurma mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Manfaat tersebut di antaranya untuk memperlancar proses persalinan, mencegah pendarahan dalam rahim, memperlancar air susu ibu, mengobati kemandulan, energi tambahan untuk anak-anak agar tidak lemah dan lesu, dan vaksinasi untuk bayi.

Kurma cocok juga digunakan untuk bahan makanan pokok. Kurma paling di difavoritkan sebagai makanan untuk berbuka puasa karena mempunyai kandungan gula yang bisa diserap antara 40-60 menit (dibandingkan dengan nasi yang butuh 5 jam penyerapan), sehingga dapat menjadi asupan yang menyuplai energi dengan cepat.

Buah kurma tumbuh di daerah sub tropis seperti Arab Saudi, Mesir, Tunisia dan sekitarnya. Kurma mempunyai aneka macam jenis yang dapat dipilih sesuai selera, seperti kurma Ajwa, Medjool, Sukkari, Khalas, Tunisia dan lain sebagainya.

Tin

Buah Tin (Fig) atau biasa juga disebut buah ara juga termasuk buah yang disebutkan di Al Quran. Bahkan, jadi salah satu nama surat yaitu Surat At-Tiin yang ada di juz 30. Nama buah Tin bisa ditemukan pada ayat pertama yang berbunyi:

“Demi buah Tin dan Zaitun.” (QS. At-Tiin: 1)

55.jpg

Photo by Deon Black on Unsplash

Tentu, buah Tin menjadi sangat istimewa karena Allah bersumpah di ayat tersebut. Buah Tin juga dipercaya menjadi salah satu buah-buahan yang terdapat di surga. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba buah ini karena buah tin termasuk buah yang lezat untuk dikonsumsi.

Buah Tin punya banyak kegunaan)) yang jarang diketahui orang, antara lain dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, mengobati disfungsi seksual, menurunkan berat badan, merawat kulit, mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung, mengobati diabetes, dan memperkuat tulang.

Zaitun

Buah selanjutnya yaitu zaitun. Mungkin Anda kerap mendengar produk olahan dari buah zaitun, seperti minyak zaitun (olive oil). Nah, zaitun ini juga termasuk buah yang tersebut dalam Al Quran, sehingga banyak direkomendasikan untuk berbagai macam kebutuhan dengan segala macam khasiat yang terkandung di buah zaitun.

Dalam Al Quran sendiri zaitun juga disebut sebanyak 7 kali, yakni dua kali disebutkan secara mandiri dan lima kali disebut bersama-sama dengan buah lain. Surat yang menyebutkan buah zaitun di antaranya adalah surat At Tin, Al Mu’minun, An Nahl, An Nuur, Al An’am dan surat Abasa.

Buah zaitun juga disebut sebagai buah yang diberkahi, seperti pada surat An Nur ayat 35:

“..yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, yaitu pohon zaitun yang tumbuh tak di sebelah timur dan tak pula di sebelah barat. Yang minyaknya sampai menerangi walaupun tak disentuh dengan api. Cahaya di atas cahaya yang berlapis-lapis..”

Zaitun banyak dimanfaatkan untuk memasak, juga bermanfaat untuk merawat kecantikan, menutrisi kulit serta rambut, serta beragam manfaat lainnya. Karena zaitun punya banyak kandungan vitamin, mineral, antioksidan yang menutrisi tubuh. Anda bisa dengan mudah menemukan zaitun yang dikemas dalam bentuk minyak zaitun. Pastikan Anda memilih minyak zaitun dengan kualitas terbaik ya!

Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang umum ditemukan di Indonesia, bahkan sudah jadi makanan sehari-hari saking mudahnya ditanam dan didapatkan. Bagi Anda penggemar buah pisang, ternyata pisang juga termasuk buah yang disebut dalam Al Quran lho!

57.jpg

Photo by Anastasia Eremina on Unsplash

Bisa dilihat dalam surat Al Waqiah ayat 29, yang artinya|terjemahannya), “... dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya..”

Pisang banyak disukai sebab rasanya yang lezat, juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. seperti sebagai sumber protein, kalsium, fosfor dan seterusnya.

Buah Delima

Delima disebutkan di Al-Quran surat Al An’am ayat 99 yang artinya, “... kami keluarkan dari tanaman yang menghijau butir yang banyak, dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjuntai, dan kebun-kebun anggur serta (kami keluarkan pula) buah zaitun dan delima yang serupa dan juga tidak serupa….”

Sama dengan buah surga sebelumnya, delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain sebagai antioksidan, mengobati penyakit jantung, mengurangi kolesterol jahat, anti kanker, mengurangi resiko penyakit radang sendi, menurunkan tekanan darah pada tubuh, menghambat penyakit Alzheimer serta baik untuk kesehatan kulit Anda.

Anggur

Buah yang terakhir adalah anggur. Buah yang memiliki banyak warna mulai dari hijau, merah, ungu, sampai kehitaman ini juga tersebut di dalam Al Quran. Buah anggur punya manfaat bahkan dalam beberapa fase, mulai dari anggur muda yang masih mentah, anggur matang hingga yang dikeringkan (kismis).

56.jpg

Photo by Maja Petric on Unsplash

Anggur memiliki manfaat antara lain flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung dan kandungan lain yang dapat melancarkan pencernaan, mencegah kanker, menghambat penuaan dini  dan seterusnya. Sebaiknya konsumsi anggur dalam bentuk buah, bukan yang difermentasi sebab haram hukumnya meminum khamr atau minuman keras yang bisa memabukkan.

Itulah 6 buah yang disebutkan dalam Al Quran serta khasiatnya untuk kesehatan. Jadi, mana buah favorit Anda? Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id