Ini Dia Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-Oleh di Makkah yang Perlu Anda Ketahui

Kategori : Umrah, Tips, Features, Ditulis pada : 15 Januari 2024, 14:14:15

Setelah menunaikan ibadah umrah, kurang lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk belanja oleh-oleh khas dari kota Makkah. Biasanya, ada agenda waktu khusus yang dijadwalkan oleh biro umrah bagi para jamaah berbelanja oleh-oleh sebelum kembali ke tanah air. Walaupun banyak juga toko perlengkapan dan oleh-oleh haji di Indonesia, namun lebih afdhol jika membelinya langsung dari Makkah.

Nah, untuk Anda yang masih pertama kali melaksanakan berumrah, tentunya tidak begitu mengetahui di mana saja sih Anda bisa belanja oleh-oleh ketika di Makkah? Padahal, terdapat beberapa pilihan tempat yang bisa Anda dijadikan tujuan utama untuk belanja. Tentunya ini juga mengikuti dari jadwal ibadah umrah Anda, setidaknya Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin belanja.

5.jpgPhoto by ANDREA MUSTO on Unsplash

Berikut ini pasar belanja oleh-oleh khas di Makkah yang bisa Anda kunjungi:

Pasar Utaibah

Rekomendasi yang pertama adalah pasar Utaibah. Pasar Utaibah adalah pasar paling tua di Makkah yang menjadi pusat perdagangan warga Makkah. Anda bisa menjumpai berbagai macam barang dengan harga murah di pasar ini.

Pasar Utaibah bertempat tiga kilometer dari Masjidil Haram, tepatnya ada di jalan Hujoon. Cukup dekat dari tempat Anda menunaikan ibadah umrah sehingga Anda lebih mudah menjangkaunya. Pasar ini tak pernah sepi dikunjungi baik waktu hari biasa maupun ketika bulan Ramadhan dan musim Haji.

Pasar Utaibah menjadi tempat yang paling disukai bagi warga Makkah dan jamaah umrah. Bagaimana tidak, harga yang dijual di pasar Utaibah bisa dibilang sangat murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan di mal Makkah.

Untuk produk yang sama, harga di mal Makkah bisa mencapai 5 kali lipat lebih dari harga di Pasar Utaibah. Sebagai perbandingan, misalnya harga satu barang di mal 400 riyal, maka harga di Pasar Utaibah bisa didapatkan cukup membayar 70 riyal saja!

Pasar Ja’fariyah

Tempat belanja buah tangan yang lain di sekitar Masjidil Haram adalah Pasar Ja’fariyah. Anda bisa berbelanja aneka cinderamata yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Pasar ini selalu ramai dikunjungi, jadi jangan lupa Anda meluangkan diri untuk mampir ke Pasar Ja’fariyah saat berkunjung ke Makkah.

Pasar Hijaz

Ingin belanja barang mewah di Mekkah? Pasar Hijaz tempatnya. Pasar Hijaz terkenal menyediakan barang-barang branded yang tentunya berkualitas, baik produk lokal maupun merek internasional. Tak heran jika Pasar Hijaz terkenal dengan kemewahan tempatnya.

Tak hanya itu, Pasar yang bertempat di Jalan Makkah-Jeddah ini juga menawarkan aneka olahan makanan yang bervariasi dari penjuru dunia. Sempatkan berkunjung ke pasar Hijaz untuk mendapat pengalaman belanja selama di Arab Saudi.

Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah terletak agak jauh dari kota Makkah, tepatnya di distrik Aziziyah. Meskipun begitu, Anda bisa tetap mengunjunginya dengan transportasi darat.

Bisa dikatakan, Pasar Aziziyah adalah pasar terbesar di kota Makkah. Beragam keperluan seperti perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan tentu saja oleh-oleh khas Arab Saudi bisa Anda dapatkan di sini.

Pasar Syar’i Al- Hajj

Terakhir, Anda bisa mengunjungi pasar Syar’i Al- Hajj. Anda bisa menemukan barang-barang keperluan rumah tangga dengan harga terjangkau di pasar ini. Misalnya sajadah, yang tentunya cocok Anda jadikan sebagai oleh-oleh umrah.

6.jpg

Image by fsHH from Pixabay

Itulah beberapa pasar di Makkah yang bisa Anda jadikan daftar tempat untuk belanja oleh-oleh khas umrah. Ternyata, oleh-oleh khas tak hanya kurma, lho! Ada berbagai macam pilihan oleh-oleh yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Di antaranya, kacang Arab, cokelat Al Hadi, cokelat batu, kismis, Madu Khasmir, kacang pistascio, kacang almond, Malban (nougat Lebanon), juga buah tin. Wah, menarik sekali kan? Jenisnya pun sangat bermacam-macam. Anda juga dapat menentukan pilihan untuk oleh-oleh berupa cindera mata agar lebih tahan lama. Nah, Anda bisa berburu oleh-oleh khas tersebut di pasar-pasar yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai tambahan, ada beberapa tips untuk Anda coba ketika belanja di pasar-pasar Makkah. Pastinya, Anda ingin mendapatkan oleh-oleh barang yang berkualitas dan harga yang hemat bukan? Berikut tipsnya:

  • Buat Daftar Belanja

Tips yang pertama yaitu membuat daftar belanja. Anda dapat membawa catatan apa saja barang yang ingin Anda beli sesuai kebutuhan, bahkan sebelum perrgi ke Baitullah.

Rencanakan siapa saja yang ingin Anda beri oleh-oleh sepulang dari umrah, berapa banyak yang Anda butuhkan, dan tentu saja sesuaikan dengan bagasi yang tersedia. Jangan sampai overload sehingga Anda kesusahan membawa pulang oleh-oleh yang terlanjur Anda beli di tanah suci. Sayang sekali bukan?

  • Jangan Berpenampilan Mencolok

Saat belanja di pasar Makkah, upayakan berpenampilan biasa saja, jangan sampai terlalu mencolok karena pedagang pun pasti dapat membaca profil Anda. Dengan berpenampilan biasa, Anda tidak akan ditawari dengan harga yang mahal, karena si pedagang akan berfikir bahwa Anda ‘mampu’ membeli barang dengan harga yang mahal.

  • Sesuaikan Budget

Tips berikutnya adalah sesuaikan dengan anggaran yang sudah Anda siapkan dari rumah. Memang, ada banyak barang yang bisa kita beli. Akan tetapi, jika Anda tidak mempunyai batasan dengan anggaran tertentu, bisa jadi Anda akan belanja yang tidak dibutuhkan dan akhirnya menghabiskan dana.

  • Persiapkan Uang Riyal

Seperti yang diketahui, mata uang yang berlaku di Arab Saudi yaitu Riyal. Anda bisa menukar uang rupiah Anda di tempat penukaran uang asinhg sebelum berangkat ke tanah suci. Ingat, pastikan sesuai dengan anggaran ya!

  • Pilih Barang yang Tahan Lama

Yups, selain berbagai macam camilan yang disebutkan di atas, Anda bisa memilih cinderamata seperti permadani, tasbih, miniatur atau hiasan bergambar ka’bah, kerudung, baju gamis, hingga air zam-zam. Benda-benda tersebut tidak terlalu mengandung resiko dibawa ke tanah air.

  • Tahu Bahasa Arab Meskipun Sedikit

Anda bisa mulai belajar percakapan bahasa Arab sederhana yang dapat Anda praktekkan saat berbelanja di Makkah. Para pedagang tentu ingin memahami keinginan Anda, dan akan lebih mudah apabila tahu apa yang Anda ucapkan. Namun, kebanyakan pedagang di pasar Makkah juga sedikit-sedikit mengerti Bahasa Indonesia lho!

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar belanja oleh-oleh semakin menyenangkan. Jadi, sudah buat daftar belanja belum? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id