Mengenal Lebih Dekat Raudhah, Taman Surga yang Ada Masjid Nabawi

Kategori : Tips, Ditulis pada : 05 Desember 2023, 11:58:59

Menjalankan ibadah haji dan umrah, tak lengkap rasanya jika tak singgah di Kota Madinah. Tepatnya berkunjung ke Masjid Nabawi. Masjid yang menjadi pusat peradaban Islam ketika Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah ini, masih terawat dengan apik hingga sekarang ini. Bahkan, disinggahi jutaan umat Islam sepanjang tahun saat melaksanakan ibadah ke tanah suci.

Masjid Nabawi sendiri mempunyai struktur yang unik pada bangunannya, di antaranya bangunan masjid yang terdiri dari 2 buah bangunan bertingkat berbentuk persegi panjang tak beraturan yang luas. Selain itu, halaman masjid Nabawi juga sangat luas dengan arsitektur yang Islami. Ada kubah dan payung yang dapat membuka dan menutup secara otomatis di pelataran masjidnya. Ini menjadi daya tarik dan pesona tersendiri dari Masjid Nabawi.

49.jpg

Photo by Anas Miah on Unsplash

Tempat-tempat istimewa yang ada di masjid ini di antaranya adalah makam Rasulullah SAW dan para sahabat. Karena dulunya, rumah Nabi SAW ketika tinggal di Madinah berdekatan bahkan menyatu dengan bangunan masjid Nabawi. Rasulullah meninggal dunia di kamarnya bersama Aisyah RA. Beliau juga dimakamkan di sana.

Nah, yang tak kalah spesial adalah ada tempat yang sering disebut Raudhatul Jannah atau Raudhah. Ingin tahu lebih lanjut tentang Raudhah? Yuk simak sampai habis pemaparan berikut ini agar Anda lebih bersemangat untuk berkunjung ke Baitullah dan mengunjungi Raudhah!

Apa itu Raudhah?

Raudhah yaitu tempat kecil di antara kamar Rasulullah (yang sekarang adalah makam Nabi SAW) dengan mimbar Masjid Nabawi. Dahulu, Raudhah ini terletak di luar area Masjid Nabawi, karena merupakan tempat di antara rumah Nabi dengan masjid. Namun, seiring perluasan Masjid Nabawi, tempat ini pada akhirnya menyatu dan menjadi bagian dari ruang Masjid Nabawi.

Dalam salah satu hadits disebutkan bahwa, terdapat satu tempat di dunia ini yang menjadi salah satu taman dari taman-taman yang ada di surga. Rasulullah SAW bersabda,

“Apa yang ada di antara kamarku dan mimbarku merupakan taman-taman surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan tempat yang dimaksud merupakan tempat di antara mimbar masjid Nabawi dan kamar Rasulullah, sekarang lebih dikenal dengan nama Raudhatul Jannah yang artinya “Taman Surga”. Luar biasa sekali bukan? Selama ini kita cuma dapat membayangkan bagaimana gambaran surga yang terdapat di Al Quran. Namun, kita bisa menjumpai salah satu taman surga yang ada di dunia dari apa yang disabdakkan oleh Rasulullah SAW tersebut.

Batas lokasi

Lokasi Raudhah berbatasan dengan beberapa tempat di area Masjidil Nabawi. di sebelah kiri kiblat masjid atau sebelah timur, dibatasi oleh kamar Aisyah RA yang sekarang menjadi tempat Rasulullah dikuburkan. Sesuai dengan wasiat Nabi SAW, yang berpesan, “Tidaklah seorang utusan Allah (Nabi/Rasul) dikuburkan melainkan di tempat ia meninggal.”

Lalu di sebelah barat berbatasan dengan mimbar Rasulullah SAW. Sedangkan sebelah selatan adalah kiblat yang posisinya sejajar dengan mihrab Rasulullah SAW. Dan yang paling akhir yaitu di sebelah utara dibatasi dengan garis sejajar dengan kediaman ibunda Aisyah RA.

afiq-fatah-qp0hPaafKD0-unsplash.jpg

Photo by afiq fatah on Unsplash

Dengan begitu, ukuran dari Raudhah ini yaitu sekitar 22 x 15 meter sehingga total dari keseluruhan kurang lebih 330 meter persegi. Wilayah ini ditandai dengan karpet dengan warna hijau pada lantainya, jadi terlihat mencolok dan berbeda dengan sekelilingnya yaitu area dalam Masjid Nabawi yang karpetnya berwarna merah.

Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk singgah di Raudhah saat berada di Masjid Nabawi. Kenapa? Karena tempat ini punya banyak keunggulan dibandingkan tempat-tempat lainnya utamanya untuk beribadah.

Tempat Mustajab untuk Berdoa

Raudhah ini adalah salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa, tak heran jika banyak jamaah yang ingin masuk untuk bisa shalat serta berdoa di Raudhah. Anda dapat melakukan banyak ibadah saat di Raudhah seperti shalat, memanjatkan doa, memperbanyak dzikir juga i’tikaf. Jika Anda memiliki kesempatan untuk berdoa di Raudhah, pilih doa-doa terbaik yang ingin Anda mintakan kepada Allah SWT.

Anda juga dapat menyiapkan doa-doa tersebut dari tanah air, sebelum berangkat ke Baitullah. Selain doa untuk diri sendiri, Anda dapat berdoa untuk orang tersayang, hingga umat muslim di seluruh dunia. Atau mungkin Anda memperoleh titipan doa dari saudara, teman dan lainnya. Anda bisa mengucapkan doa-doa tersebut di Raudhah.

pexels-ahmed-nashed-3890524.jpg

Foto oleh Ahmed Nashed dari Pexels

Mengapa harus disiapkan sebelumnya? supaya ketika berdoa di Raudhah waktu Anda lebih teratur, fokus, dan lebih khusyuk. Anda tidak bisa terlalu lama di Raudhah, apalagi saat situasi musim haji atau umroh. Anda harus dengan jamaah lain yang juga ingin berdoa di Raudhah. Jadi, harus berganti-ganti untuk menempati tempat di Raudhah.  

Bagi jamaah laki-laki, bebas memilih waktu untuk berdoa di Raudhah sebab posisinya memang untuk shaf jamaah laki-laki. Akan tetapi bagi jamaah perempuan, ada jadwal khusus untuk dapat berdoa di Raudhah. Yaitu pada saat dhuha, dzuhur dan isya.

Tentang Raudhah adalah taman surga, Ibnu Hajar RA berpendapat ada 3 poin yang dapat disimpulkan. Pertama, tempatnya serupa dengan taman surga. Apabila orang berdoa di tempat tersebut, akan merasakan ketenangan layaknya di surga. Kedua, untuk yang beribadah di Raudhah dapat menjadi penyebab masuk surga.

Ketiga, tempat tersebut (Raudhah) kelak diangkat atau dipindahkan kembali ke surga. Maka, beruntung lah bagi Anda yang memiliki kesempatan untuk bisa mengunjungi Raudhah ketika di dunia, dan semoga nantinya kita bisa melihat kembali Raudhah ketika di surga. 

Nah, itulah tadi sekilas gambaran tentang tempat yang dinamakan Raudhah yang berada di salah satu masjid yang diagungkan oleh umat Islam yaitu Masjid Nabawi. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan usia yang berkah, sehingga bisa melaksanakan ibadah di Baitullah dan bisa mengunjungi Raudhah.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id