Jamaah Haji dan Umrah Sekarang Cuma Bisa Kunjungi Raudhah Setahun Sekali

Kategori : Umrah, Haji, Features, Ditulis pada : 27 Desember 2023, 15:16:41

Raudhah Foto jpg 22.jpg

Arab Saudi mengumumkan peraturan terbaru tentang peratiran masuk Raudhah di Masjid Nabawi. Jemaah haji atau umrah hanya bisa mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW itu satu kali dalam setahun.

Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Saudi melaporkan bahwa izin untuk mengunjungi situs terhormat ini dikeluarkan setiap 365 hari.
Kementerian juga menegaskan, izin pengunjung harus dikeluarkan secara elektronik melalui aplikasi Nusuk atau Tawakklna, dengan syarat pemohon tidak terjangkit Covid-19 dan tidak berinteraksi dengan pasien.

Menurut Gulf News Minggu (24/12/2023), jamaah yang ingin berkunjung dan salat di Raudhah harus mendapat izin resmi sebelum tiba.Raudhah sendiri merupakan suatu area di dalam Masjid Nabawi yang terletak di antara rumah Nabi SAW dan mimbar yang digunakan untuk berdakwah. Seperti diketahui, rumah Nabi SAW kini menjadi makam Beliau.

Tempat ini dikatakan sebagai tempat yang baik untuk berdoa. Raudhah menjadi begitu istimewa dan dicari oleh umat Islam di seluruh dunia karena di sanalah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu, memimpin salat berjamaah dan menyelenggarakan ibadah.

Seiring berkembangnya Masjid Nabawi, Raudhah kini hanya tinggal sebagian kecil dari keseluruhan kompleks masjid. Dihimpun dari berbagai sumber, luas Raudhah sekitar 330 meter persegi. Kawasan ini terbentang sepanjang 22 meter dari timur ke barat dan 15 meter dari utara ke selatan.


Cara Ajukan Ijin ke Raudhah melalui aplikasi Nusuk

Untuk mednapat ijin kunjungan ke Raudhah bisa mengikuti langkah-langkah unduh dan daftar aplikasi Nusuk:

1. Kunjungi aplikasi Appstore lalu tekan unduh. Setelah selesai pilih buka

2. Masuk halaman utama muncul pertanyaan izin akses lokasi, kalender. Pilihan bahasa Arab dan Inggris. "Login" dan "New User". Jika belum pernah, bisa dipilih "New User"

3. Masuk ke pengisian data, pilih kanan atas sebagai visitor. Isi nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telepon, email dan password akun Nusuk. Sudah lengkap, klik tiga pertanyaan di bawahnya lalu tekan register

4. Sistem kemudian mengirim empat nomor pin via email sebagai aktivasi aplikasi Nusuk

5. Berhasil, saat akan masuk ke aplikasi, sistem kembali mengirim kode verifikasi via email

6. Selesai di menu utama ada pilihan aktivitas. Pilih menu ke Raudhah dibedakan antara perempuan dan laki laki. Seusai dipilih, akan muncul pilihan lagi, klik, dan tinggal pilih tanggal dan jam berkunjung. Jika sudah aplikasi akan mengirim jadwal kunjungan sesuai pilihan. Ini yang digunakan bukti ke askar saat berkunjung ke Raudhah

Dengan proses tersebut, jadwal kunjungan bisa lebih terencana. Jika memungkinkan keluarga jemaah juga bisa bantu download dan registrasi sebelum orang tuanya berangkat sehingga memudahkan saat di Madinah. Untuk pendaftaran bisa dibantu petugas haji.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id