Yuk, Kunjungi Tempat Wisata Religi Setelah Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 25 Desember 2023, 10:26:26

Siapa yang tak ingin melaksanakan ibadah ke Baitullah? Setiap muslim pastinya ingin merasakan menjalankan rangkaian ibadah haji ataupun umrah di Baitullah. Rasa rindu akan tanah yang jadi saksi sejarah peradaban Islam tersebut, tentu ada dalam hati para muslim. Setiap tahun, ratusan ribu bahkan jutaan umat muslim berkunjung ke Ka’bah untuk melaksanakan rukun Islam yang ke-5 tersebut.

Perjalanan ibadah umrah akan semakin lengkap bila Anda meluangkan waktu untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Pastinya, wisata religi ini dapat Anda jalani setelah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah umrah.

Niat utama berkunjung ke tanah suci adalah untuk melakukan ibadah. Adapun rencana mengunjungi tempat wisata religi adalah tambahan untuk semakin memperkuat keimanan juga semangat dalam beribadah. Juga untuk mengenang masa kejayaan Islam dengan melihat secara langsung lokasi bersejarah yang ada di tanah suci.

Nah, berikut ini 7 tujuan wisata religi yang bisa Anda kunjungi selepas umrah saat berada di tanah suci. Yuk, simak selengkapnya!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat yang memiliki nilai historis, yaitu tempat pertama kali bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama diturunkan ke bumi. Tak heran, begitu banyak kaum muslimin yang berkunjung ke Jabal Rahmah untuk melihat secara langsung Jabal Rahmah.

Ciri khas yang berada di Jabal Rahmah ini, Anda dapat menemukan tugu persegi panjang berwarna putih di atas bukit. Tugu beton ni menjulang setinggi sekitar 8 meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Destinasi yang kedua adalah Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang kisah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud adalah perang yang cukup fenomenal pada zaman Rasulullah. Sebab pada waktu itu terjadi peperangan antara umat Islam dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul karena mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Tentunya, banyak hikmah atas kekalahan umat Islam pada waktu itu. Yaitu, dalam perang harus tunduk pada perintah panglima perang yang waktu itu dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW. Karena tidak tunduk, maka akan mudah dikecoh oleh musuh. Saat itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang paling baik yaitu Khalid bin Walid, yang nanti akhirnya masuk Islam. Bahkan, ia mendapat julukan Syaifullah yang artinya pedang Allah.

Gunung dengan tinggi kurang lebih 350 meter tersebut berlokasi di sebelah utara kota Madinah. Anda bisa singgah di Masjid Al Fash, sekaligus ziarah makam para sahabat Nabi yang gugur dalam perang Uhud. Di sini juga terdapat tempat Rasulullah melakukan shalat selesai perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat berikutnya yaitu Masjid Quba’. Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun oleh Rasulullah ketika hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama umat Islam yang digunakan untuk Shalat Jumat. Sehingga, banyak umat Islam yang ingin berkunjung di masjid bersejarah ini ketika umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba terlihat megah dengan dominasi warna putih sebagai ciri khasnya. Ada 3 pintu sebagai tempat keluar masuk di Masjid Quba. Di area tengah, Anda bisa menemukan sumur dan tempat wudhu (sahn), sedangkan di area luar masjid Anda bisa membeli aneka macam kurma untuk oleh-oleh. Masjid ini terus mengalami perbaikan, sehingga masih tetap berdiri kokoh sampai saat ini. Jadi, luangkan waktu untuk mampir ke sini ya, ketika melaksanakan ibadah umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ merupakan tempat di mana Rasulullah SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga dapat menyaksikan secara langsung Gua Hira’ dari dekat, tetapi Anda harus dalam keadaan fisik yang prima untuk mencapai tempat ini. Karena, jalan menuju Gua Hira’ melintasi tebing yang cukup curam. Jangan lewatkan mampir ke Gua Hira’ setelah melaksanakan rukun umrah agar mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Masjidil Haram

ketika menunaikan umrah, bisa dipastikan Anda selalu mengunjungi Masjidil Haram yang bertempat di Kota Makkah. Sebab sebagian besar rukun umrah dilakukan di tempat ini, mulai dari thawaf, sai, serta tahallul. Anda juga mendapat kesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail yang terletak di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf saat berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid selanjutnya yang harus Anda singgahi adalah Masjid Nabawi. Masjid yang terletak di Kota Madinah ini adalah masjid utama yang dipakai oleh Rasulullah selama menyebarkan agama Islam di Madinah. Dahulu, Masjid ini berdekatkan dengan rumah Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid ini.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan pada Rasulullah bisa terobati ketika Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut termasuk masjid terbesar di dunia ini selalu ramai oleh para jamaah umrah. Anda dapat mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Jannatul Baqi

Untuki Anda yang ingin berziarah makam, dapat mengunjungi Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah tempat dimakamkannya sebagian besar sahabat Rasulullah. Di tempat yang disebut Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda bisa mendoakan para sahabat yang dikubur di sana.

Jabal Tsur

Tempat keenam, tempat dengan sebutan yang tak asing lagi yakni Jabal Tsur. Ya, di Jabal Tsur terdapat tempat bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Nabu SAW bersembunyi selama tiga hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar ketika hijrah ke Madinah. Anda dapat menjadikan Jabal Tsur sebagai alternatif tempat untuk dikunjungi ketika umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tidak lengkap rasanya ibadah umrah tanpa membawa oleh-oleh saat pulang ke tanah air. Anda dapat mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang letaknya satu kilometer dari Masjidil Haram. Anda dapat berbelanja macam-macam camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga souvenir seperti tasbih dan sajadah yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat.

Nah, itu dia 7 tempat wisata religi yang dapat Anda kunjungi setelah melaksanakan ibadah umrah. Semoga ibadah umrah Anda diterima, dan bisa merasakan perjalanan yang semakin berkesan dengan singgah tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id