7 Tips Penting Supaya Umrah Makin Khusyu & Nyaman

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 13 Februari 2024, 10:27:27

Ibadah umrah adalah ibadah yang memerlukan waktu, tenaga, pikiran & biaya yang cukup banyak. Meskipun tidak serumit ibadah haji, namun Anda harus tetap mempersiapkan diri supaya umrah Anda menjadi lebih khusyu’ dan nyaman.

Utamanya bagi Anda yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umrah, tentu harus membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan seputar ibadah yang hanya dapat dilakukan di tanah (suci|suci ini)). Jika perlu, bertanyalah kepada sanak saudara maupun teman yang sudah berumrah sehingga lebih banyak pengalaman yang dapat Anda peroleh.

pexels-mddl-mn-13311029.jpg

Foto oleh M1DDL3 M7N: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-botak-arab-saudi-mekah-13311029/

Ada dua hal yang harus Anda siapkan. Pertama persiapan ruhani, kedua persiapan jasmani atau fisik. Keduanya sangat penting supaya ibadah umrah Anda berjalan dengan lancar. Langsung saja kita simak 7 tips penting agar umrah makin khusyu dan nyaman berikut ini.

  • Niat yang Lurus

Niat merupakan hal utama & pertama yang harus dibenahi sebelum berangkat umrah. Kita bisa saja berumrah setiap tahunnya, namun jika tidak memiliki niat yang lurus, ibadah kita tidak akan bernilai apa-apa. Selalu siapkan niat yang lurus supaya ibadah Anda tidak sia-sia, niat ikhlas beribadah kepada Allah taala tanpa mengharapkan pujian dari orang lain, serta rela mengeluarkan sebagian harta, mengorbankan waktu serta tenaga untuk ibadah ke tanah suci.

  • Jauhi Sikap Sombong & Ingin Pamer

Jika Anda telah memperbaiki niat, maka selanjutnya yang perlu dijaga adalah menjauhi sikap sombong serta ingin pamer saat melaksanakan ibadah umrah. Perasaan ingin dilihat orang atas ibadah kita dapat membuat hati kita tak tenang karena memunculkan rasa ingin diketahui setiap apa yang kita lakukan. Misalnya saja dengan merekam dan mengunggah video atau foto saat kita sedang umrah. 

Jika dilakukan secukupnya tanpa maksud sombong tidak apa-apa. Namun jika sudah ada benih-benih kesombongan dalam hati kita saat share dokumentasi tersebut, maka ibadah kita akan terganggu & rusak pahalanya sebab riya’ akan membakar pahala amal ibadah yang telah kita kerjakan.

  • Membuat Rencana Ibadah

Yang tidak penting sebelum melaksanakan ibadah umrah adalah membuat rencana apa saja ibadah yang akan dikerjakan selama di tanah suci. Pastinya rukun umrah harus kita kuasai, termasuk doa yang akan kita lafalkan sebaiknya kita hafalkan & baca berulang-ulang sebelum berangkat agar lidah kita terbiasa mengucapkannya saat umrah.

Menyusun daftar ibadah wajib & sunnah yang ingin kita kerjakan selama umrah di tanah suci membantu kita untuk tidak menghabiskan waktu untuk kegiatan lain yang kurang bermanfaat seperti window shopping, melamun, ghibah, bahkan melewatkan waktu kosong tanpa ibadah dan sebagainya.

  • Menjaga Kesehatan Fisik

Umrah adalah ibadah yang membutuhkan kekuatan fisik untuk melaksanakannya. Ibadah umrah yang terdiri dari ihram, thawaf, sai, serta tahallul membutuhkan persiapan fisik yang sehat & kuat. Terutama untuk thawaf dan sai, kekuatan fisik sangat diperlukan supaya kita bisa maksimal dalam umrah.

Mulai berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan yang sehat, memperbanyak minum air putih, menambah suplemen & vitamin, serta menjauhi rokok dan alkohol karena dapat merusak kesehatan tubuh. Hindari begadang dan kebiasaan buruk lain yang dapat merugikan kesehatan fisik Anda menjelang pelaksanaan umrah.

  • Atur Perlengkapan Agar Memudahkan Anda

Membawa barang diperlukan untuk menunjang aktivitas ibadah umrah di baitullah. Biasanya, travel akan merekomendasikan barang perlengkapan yang harus Anda bawa selama umrah. Namun, Anda juga bisa melengkapi daftar barang bawaan Anda karena setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda.

Prinsipnya, bawalah barang secukupnya. Bawa barang penunjang yang dapat memudahkan Anda beribadah. Jangan membawa terlalu banyak barang yang tak digunakan karena bisa menambah beban perjalanan Anda nantinya. Barang yang sekiranya bisa Anda temukan di tanah suci, sebaiknya tidak Anda bawa dalam jumlah berlebihan dari Indonesia.

  • Persiapkan Finansial Secara Matang

Seperti yang sudah kita ketahui, umrah membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk memperoleh pelayanan yang maksimal, pilihlah umrah yang tarifnya tak terlalu mahal, namun juga tidak terlalu murah agar perjalanan Anda lebih nyaman. Siapkan tabungan umrah, bukan hanya untuk membayar biaya travel, namun juga untuk uang saku dan dukungan finansial bagi keluarga yang Anda tinggalkan. Menyiapkan budget khusus oleh-oleh juga penting, bila Anda ingin berbagi setelah pulang berumrah.

  • Jangan Sungkan Berkata Tidak

Saat berumrah, mungkin ada saja orang lain yang meminta tolong kepada Anda melakukan sesuatu. Misalnya, membantunya untuk mengurus sesuatu, meminjam uang, atau dari kerabat yang minta dibelikan oleh-oleh tertentu (menitip membeli barang).

Membantu sesama memang baik, namun jangan lupa bahwa tujuan utama Anda ke tanah suci adalah untuk melaksanakan ibadah umrah, serta melakukan ibadah lain untuk meraup pahala yang berlimpah saat di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Bila permintaan orang lain terus Anda penuhi, maka Anda akan kehilangan banyak waktu sehingga Anda akan mengalami kesibukan yang tiada habisnya.

Bijaklah dalam bersikap & jangan ragu atau sungkan berkata tidak, sehingga Anda dapat melakukan ibadah dengan lebih khusyu & nyaman.

Demikian lah 7 tips yang dapat Anda terapkan supaya ibadah umrah Anda mabrur. Semoga dengan berbagai persiapan yang matang dapat menjadikan ibadah Anda di tanah suci semakin lancar. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id