Inilah Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan yang Bikin Rajin Nabung Buat Mewujudkannya

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 15 Februari 2024, 15:09:09

Ketika bulan Ramadhan, umat muslim berlomba untuk meraih pahala dengan melakukan berbagai ibadah. Termasuk ibadah umrah. Ibadah yang satu ini dapat dilakukan kapan saja, namun melaksanakan ibadah umrah ketika Ramadhan mempunyai keutamaan bila dibandingkan umrah di bulan-bulan lainnya.

Salah satu keistimewaannya adalah pahala umrah Ramadhan setara dengan ibadah haji. Wah, menarik sekali ya, badah umrah tapi pahalanya seperti pahala ibadah haji. Daripada penasaran, yuk kita cari tahu keutamaan umrah Ramadhan serta tips untuk mewujudkannya.

sam-riz-ceNCWYqL8DY-unsplash.jpg

Photo by Sam Riz on Unsplash

Keutamaan Ibadah Umrah Ramadhan

Pertama, jika Anda berkesempatan untuk umrah Ramadhan, maka Anda akan memperoleh pahala setara ibadah haji bersama Rasulullah. Ini berdasarkan hadits Bukhari Muslim berikut ini.

Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata Rasulullah SAW pernah bertanya kepada seorang wanita Anshar,

“Mengapa kamu tidak berhaji bersama kami?”

Perempuan itu berkata, “Kami mempunyai seekor unta yang selalu dinaiki oleh ayah fulan & anaknya (suami dan anaknya). Ia meninggalkan unta itu tanpa diberi minum, lantas kami lah yang ditugaskan untuk memberinya minum”

Kemudian Rasulullah bersabda, “Saat Ramadhan tiba, berumrahlah, karena umrah di bulan Ramadhan seperti ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Meskipun demikian, bukan berarti ibadah umrah Ramadhan bisa menggantikan ibadah haji. Seseorang yang mempunyao|memiliki kewajiban ibadah haji & telah mampu tetap wajib menunaikan ibadah hajinya.

Yang dimaksud dalam hadits di atas adalah pahala berumrah Ramadhan sebanding dengan ibadah haji. Inilah yang membuat umat muslim sangat ingin melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan.

Kedua, umrah ramadhan membuka kesempatan kepada umat muslim untuk meraih pahala yang sebanyak-banyaknya. Selain ibadah umrah, di tanah suci Anda dapat melaksanakan ibadah-ibadah lain seperti shalat wajib, shalat sunnah, puasa, membaca Al-Quran, berdzikir, shalawat, dan sebagainya.

Jika hal itu dikerjakan diluar ramadhan, sudah memiliki pahala lebih saat Anda mengerjakannya di tanah suci. Apalagi jika waktunya adalah bulan Ramadhan, dimana semua amal ibadah dilipatgandakan pahalanya. Anda dapat meraih pahala yang melimpah, apabila mampu melakukannya dengan hati yang ikhlas karena Allah.

Ketiga, mengejar untuk mendapat malam lailatul qadar di tanah suci. Anda tentu sudah mengerti bahwa di bulan Ramadhan kita bisa meraih pahala yang besar yaitu 1000 bulan saat meraih malam Lailatul Qadar. Umrah Ramadhan dengan segala keutamaannya memberi kita kesempatan untuk meraih malam lailatul qadar di tengah ibadah umrah.

Oleh karena itu, biasanya paket umrah yang laris adalah pada awal Ramadhan atau 10 hari terakhir Ramadhan, karena jamaah ingin meraih malam lailatul qadar saat ibadah umrah.

Nah, itulah beberapa keutamaan umrah Ramadhan yang dapat memotivasi Anda untuk merencanakan ibadah umrah saat bulan yang penuh berkah tersebut. Lalu, bagaimana cara supaya bisa berumrah di bulan suci Ramadhan?

Tips Berumrah Kala Ramadhan

  1. Siapkan kondisi fisik yang kuat untuk ibadah umrah & puasa di tanah suci. Anda dapat berupaya menjaga stamina dengan mengatur pola makan yang baik dan berolahraga sehingga memiliki badan yang sehat untuk mendukung ibadah Anda di tanah suci.
  2. Siapkan dana lebih. Paket umrah Ramadhan biasanya memiliki harga lebih tinggi sehingga Anda butuh menyediakan dana lebih banyak dari umrah biasa. Mulailah merencanakan tabungan untuk umrah Ramadhan, sehingga Anda dapat beribadah dengan fasilitas terbaik dari travel yang Anda pilih supaya ibadah lebih lancar dan nyaman.
  3. Fokus untuk beribadah karena Allah semata. Walaupun memiliki keutamaan dibandingkan dengan umrah di bulan lain, umrah Ramadhan bukanlah sesuatu yang bisa Anda pamerkan atau banggakan, sehingga mengotori niat baik itu sendiri. Janganlah merusak pahala yang susah payah Anda kumpulkan sebab Anda ingin riya’ atau pamer dengan ibadah umrah Ramadhan tersebut.
  4. Nikmatilah umrah Ramadhan Anda. Biasanya, suasana umrah di bulan Ramadhan lebih syahdu, karena terlihat jelas dan keeratan persaudaraan umat muslim ketika Ramadhan. Mereka berlomba untuk menjamu makanan berbuka, sebab memberi makan berbuka orang yang berumrah tentu mereka berharap pahala senilai puasa dan umrah orang tersebut. Nikmatilah saat berumrah & jadikan motivasi supaya dapat berumrah kembali di bulan Ramadhan.
  5. Jaga kebersihan diri & lingkungan. Ingat, segala perbuatan baik yang Anda lakukan saat beribadah umrah akan dinilai pahala berkali lipat. Maka manfaatkanlah dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, misalnya sesederhana Anda menjumpai sampah maka buanglah ke tempatnya agar jamaah lain dapat merasakan tempat yang bersih & nyaman untuk beribadah.

Itulah keistimewaan umrah ramadhan, semoga artikel di atas dapat membuat|menjadikan)0 Anda lebih semangat untuk menabung supaya dapat mewujudkan perjalanan yang sangat mulia tersebut. Selalu jaga kemurnian niat Anda untuk ibadah agar Allah menuntun Anda untuk lebih mudah menggapai tujuan Anda. Semoga berkah melimpah untuk Anda semua.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id