Amalkan Ini Supaya Meraih Pahala Umrah dan Haji Meski Belum Ke Baitullah

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 22 Februari 2024, 13:29:30

Umrah & haji menjanjikan pahala yang melimpah bagi para muslim yang bisa menunaikannya. Namun, tidak semua orang mampu beribadah umrah & haji. Ada yang masih menunggu antrean, ada pula yang belum istitha'ah secara kesehatan serta finansial. Lantas, jika ingin berumrah dan berhaji namun tak sanggup melaksanakannya, apakah kita tidak bisa mendapatkan pahala umrah dan haji?

pexels-mohammad-ramezani-16135714.jpg

Foto oleh mohammad ramezani: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-laki-laki-agama-berdoa-16135714/

Tidak perlu khawatir, meskipun kita belum menunaikan umrah maupun haji, kita tetap berkesempatan meraih pahala kedua ibadah yang hanya dapat dikerjakan di baitullah tersebut dengan mengerjakan ibadah-ibadah lainnya. Ibadah ini, pahalanya senilai umrah & haji. 

Lalu, ibadah apa saja yang dapat mendatangkan pahala layaknya menunaikan umrah & haji? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Niat Umrah dan Haji

Tahukah Anda, dengan berniat kuat dan tulus untuk beribadah umrah & haji, maka Anda akan mendapatkan pahala umrah & haji? Dikutip dari muslim.or.id, ada sebuah hadits yang diriwayatkan dari sahabat Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Kami berada bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam suatu peperangan. Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya di Madinah itu ada beberapa orang lelaki yang kalian tidaklah menempuh suatu perjalanan dan tidak pula menyeberangi suatu lembah, melainkan orang-orang tadi ada besertamu (yakni sama-sama memperoleh pahala). Mereka itu terhalang oleh sakit (maksudnya uzur karena sakit, sehingga andaikan tidak sakit pasti ikut berperang).’”

Dengan begitu, meski hanya sebatas niat, namun Allah sudah memberikan pahala niat tersebut sempurna seperti ketika Anda sudah beribadah umrah dan haji. Maka, berniatlah untuk umrah dan haji dengan tulus, walau kenyataannya Anda belum mampu berangkat ke tanah suci.

Shalat Isyraq atau Dhuha di Awal Waktu

Cara selanjutnya adalah Anda bisa mulai dengan sholat subuh di masjid, kemudian Anda berdiam diri (berdzikir atau membaca Al Quran) di masjid hingga isyraq (matahari terbit) dan mendirikan shalat isyraq atau dhuha di awal waktu.

Berdasarkan dari hadits dari Abu Umamah r.a., Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat shubuh dengan berjamah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna,” (HR Thabrani).

Yakinlah bahwa Allah akan memberikan pahala umrah dan haji yang sempurna seperti Anda melaksanakannya di tanah suci dengan jalan melakukan amalan sholat isyraq atau dhuha di awal waktu ini.

Shalat Wajib Berjamaah di Masjid

Amalan yang cukup sederhana namun biasanya dalam pelaksanaannya tidak mudah adalah sholat wajib berjamaah di masjid. Sholat lima waktu adalah ibadah utama yang harus diusahakan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Jika Anda berhasil mengerjakan sholat wajib berjamaah di masjid, maka insya Allah pahala senilai haji dan umrah bisa Anda raih.

Dalam sebuah hadits, dari Abu Umamah r.a., Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju salat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang beribadah haji. Barangsiapa keluar untuk shalat Sunnah dhuha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumroh. Dan (melakukan) shalat setelah sholat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, maka pahalanya ditulis di ‘illiyyin (kitab catatan amal orang-orang shalih),”(HR. Abu Daud; Ahmad).

Maka, cobalah untuk selalu shalat wajib di masjid secara berjamaah, meskipun berat Anda dijanjikan pahala orang haji & umrah saat Anda bisa melaksanakannya.

Berbakti Kepada Orang Tua

Birrul walidain atau berbakti kepada orang tua banyak wujudnya. Ada yang berupa mengasihi mereka dengan memberikan nafkah, ada yang berbakti dengan merawat mereka ketika sakit, menuruti nasehatnya (selama tak bertentangan dengan perintah Allah), serta membahagiakan hati kedua orang tua kita.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Ada seseorang yang mendatangi Rasululah SAW dan ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya padanya apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup. Ia jawab, ibunya masih hidup.

Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam pun berkata padanya, “Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad.” (HR. Ath-Thabrani)

Niat untuk berbakti kepada orangtua yang diridhoi oleh Allah SWT akan mengundang pahala berlimpah untuk Anda seperti Anda pergi haji dan umrah. Maka, muliakanlah orang tua Anda agar dapat meraih pahala tersebut.

Zikir Setelah Shalat

Mengucapkan dzikir tasbih, tahmid dan takbir masing-masing sebanyak 33x setelah shalat fardhu mengandung pahala seperti haji & umrah. Rutinkan zikir tersebut, maka walau belum ke tanah suci Anda sudah mendapatkan pahala haji & umrah.

Datang ke Majelis Ilmu di Masjid

Terakhir, Anda bisa mendapatkan pahala haji dan umrah dengan menghadiri majelis ilmu di masjid. Berniat mencari ilmu dengan tulus, bukan karena ingin menyombongkan diri sehingga ilmu Anda peroleh, pahala umrah dan haji juga Anda raih.

Nabi SAW bersabda,

Barangsiapa berangkat ke masjid, tidak ada yang ia inginkan kecuali untuk mempelajari satu kebaikan atau mengetahui ilmunya, maka ia akan meraih pahala haji yang sempurna.” (HR. Thabrani)

Itulah amalan yang dapat Anda kerjakan untuk meraih pahala umrah & haji. Tentunya, selalu niatkan dengan tulus & ikhlas seluruh ibadah Anda supaya diterima oleh Allah SWT. Semoga Allah segera memanggil kita untuk pergi ke tanah suci untuk beribadah umrah dan haji.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id