5 Kunci agar Cepat Berangkat Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 02 Mei 2024, 11:37:38

Bagi kaum muslimin, menjalankan umrah merupakan harapan yang selalu ada dalam pikiran. Mengingat saat ini untuk melaksanakan ibadah haji membutuhkan biaya yang tidak murah dan waktu antrian yang semakin panjang, umrah menjadi pengganti untuk mereka yang sudah memimpikan ingin ke Baitullah.

Tapi, keinginan saja tidak akan terwujud jika Anda tidak mulai menyiapkan diri untuk berangkat umrah. Utamanya masalah keuangan. Apabila tidak ada goal yang jelas kapan Anda akan berangkat umroh, Anda tidak akan pernah menyiapkan dana khusus untuk umrah. Jadi, bagaimana cara agar segera berangkat umroh bila keinginan Anda sudah tidak tertahan? Tenang, kami akan memaparkan tipsnya buat Anda. Berikut tipsnya!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Niat yang Kuat

Jika Anda ingin segera menunaikan ibadah umrah, pasanglah niat kuat supaya Anda bisa segera berangkat ke tanah suci. Banyak orang yang secara keuangan mampu melaksanakan ibadah umrah, akan tetapi mereka tidak memiliki niat untuk umrah, lho!

Mungkin karena dari sisi keagamaannya kurang mendapat input tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka memilih untuk mendahulukan hal-hal yang bersifat duniawi misalnya membeli rumah, mobil mewah, baju, aksesoris, menekuni hobi, plesir dan seterusnya.

Oleh karena itu, Anda termasuk kategori orang yang beruntung saat Anda punya niat untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda tidak memiliki tabungan berlebih untuk ibadah umrah, tapi karena niat yang kuat, bukan tidak mungkin Anda akan berangkat ibadah umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak memiliki niat umrah. Oleh karena itu, niat yang kuat adalah modal agar Anda dapat untuk menggapai keinginan Anda menunaikan umroh dengan cepat. Yakini sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk ibadah umrah, atas izin Allah.

2)  Cari Info Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Langkah kedua yang dapat Anda tempuh untuk bisa cepat berangkat umroh adalah dengan mencari tahu tentang umrah. Mulai dari rukun-rukunnya, apa saja doanya, persiapannya, manasiknya, dan semua hal yang berkaitan dengan ibadah umrah. Kemudian, yang juga sama pentingnya adalah Anda harus mencari tahu tentang biro jasa travel umrah yang amanah untuk mengurus keberangkatan Anda ke Baitullah. Anda bisa mencarinya sendiri via pencarian daring, menimbangnya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga minta rekomendasi keluarga dan relasi yang sebelumnya pernah melaksanakan umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat menggali informasi seputar umrah dengan cara sharing dengan teman, keluarga atau konsultasi dengan para ustad yang Anda percaya. Semakin Anda mencari tahu tentang umrah, maka Anda telah memancarkan sinyal yang kuat ke semesta bahwa Anda siap menerima undangan ke Baitullah dari Allah SWT. Ini juga ikhtiar agar bisa cepat sampai ke tujuan lho!

3) Menyiapkan Dana Tabungan Umrah

Untuk Anda yang belum memiliki dana khusus untuk berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa memulai menganggarkan untuk ongkos umrah mulai saat ini juga. Yang harus Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan berusaha untuk teratur menabung. Targetkan waktu keberangkatan umrah Anda. Anda harus menentukan target kapan Anda akan berangkat umrah, agar ada motivasi untuk memenuhi target tersebut.

Misal, Anda berniat untuk berangkat umrah 3 tahun lagi. Biaya umrah dan lain-lainnya sekitar 30-35 juta rupiah. Maka, dengan penghasilan misalnya 3 juta per bulan, Anda harus bisa mengalokasikan kurang lebih 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Dalam waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan punya dana sejumlah 36 juta rupiah. Cukup realistis, bukan? Anda bisa sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa memanfaatkan dana talangan umrah dari bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Mohon Restu dari Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang bisa Anda terapkan sebagai cara cepat melaksanakan umrah. Sudah sering yang membuktikan metode ini, atas ridho dari kedua orangtua atau mertua, keinginan untuk berangkat ibadah umrah akan lebih segera terwujud. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah terletak pada ridho orangtua?

Ungkapkan keseriusan kalau Anda ingin beribadah umrah, buatlah bahagia orangtua Anda, buat hati keduanya bahagia dan mereka pun akan dengan senang hati memanjatkan doa untuk Anda agar bisa melaksanakan umrah.

5) Memilih Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat di zaman sekarang ini banyak caranya. Ada yang menempuh melalui cara umrah backpacker, ada juga yang memilih mengikuti paket umrah di masa off peak season supaya mendapat diskon yang lumayan. Selain itu, memesan paket umrah secara rombongan juga bisa dicoba untuk memperoleh potongan harga dari biro umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih menghemat biaya tanpa mengurangi kualitas layanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id