7 Hal yang Harus Disiapkan Untuk Ibadah Umrah Bersama Dengan Keluarga

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 04 Desember 2023, 12:09:10

Bagi umat muslim, melaksanakan ibadah umrah adalah hal yang diimpikan. Banyak keutamaan yang terdapat pada ibadah umrah, diantaranya Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri kepada Allah, mendapat kebaikan yang berlipat ganda, memanjatkan doa di tempat yang mustajab, berkunjung ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keistimewaan yang akan Anda dapatkan.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika bisa berangkat bersama keluarga terdekat, pasti lebih menggermbirakan. Merasakan beribadah di Baitullah bersama orangtua, suami atau istri, juga dengan anak-anak. Pastinya, banyak persiapan yang wajib dikerjakan supaya perjalanan umrah bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan.

Nah, bagi Anda yang ingin beribadah umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita berikan beberapa tips persiapan umrah bersama. Yuk, simak selengkapnya!

Berniat Umrah Sekeluarga

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah berniat untuk beribadah umrah. Pastinya, Anda harus berkomunikasi dengan keluarga Anda agar masing-masing meniatkan diri untuk pergi beribadah umrah. Kesamaan niat ini akan lebih mewujudkan impian Anda untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dengan keluarga.

Bayangkan, jika hanya Anda yang berniat untuk umrah, sedangkan keluarga Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke Baitullah bukan hanya masalah kesiapan materi, namun juga kesiapan mental. Dan Allah hanya ‘mengundang’ seorang muslim yang sudah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, cek apakah Anda dan keluarga telah sama-sama berniat untuk beribadah umrah ya!

Persiapkan Dana yang Dibutuhkan

Niat saja tak cukup, maka harus dibarengi dengan usaha yaitu menyiapkan sejumlah dana yang dapat menghantarkan Anda sekeluarga pergi umrah. Apalagi jika yang berangkat dua orang atau lebih, semakin banyak jumlah keluarga yang ikut, maka biaya yang harus dibayarkan juga semakin tinggi. Maka, Anda perlu menganggarkan untuk persiapan dana tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuka tabungan umrah. Hitung berapa anggaran dana yang dibutuhkan untuk bisa pergi umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya pendaftaran untuk umrah kurang lebih 25 juta rupiah, tinggal dihitung berapa jumlah anggota keluarga yang mendaftar. Anda bisa memilih paket-paket umrah keluarga yang dapat menghemat biaya yang harus Anda bayarkan.

Tentu saja, Anda bisa memulai tabungan umrah dengan nominal semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan usaha dan kesungguhan Anda kepada Allah agar dimampukan untuk berangkat umrah. Bukankah Allah yang Maha Memberi Kecukupan? Sudah banyak diceritakan, bagaimana Allah memampukan siapa saja yang Dia undang ke Baitullah. Dan berapa banyak orang yang sebenarnya mampu, tapi tak kunjung juga pergi umrah?

Melengkapi Dokumen dan Paspor

Semakin banyak anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula surat-surat yang harus Anda urus. Sebaiknya, cari tahu dan catat dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat menggali informasi selengkapnya di internet, atau bertanya ke biro travel umrah yang terpercaya.

Mengapa Anda perlu mencatat dokumen yang diperlukan? Supaya Anda tidak perlu bolak-balik ketika mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah ceklist yang memudahkan Anda mengecek apakah surat-surat yang dibutuhkan sudah lengkap atau belum. Anda juga perlu membuat paspor sebelumnya, sebab hal tersebut juga membutuhkan waktu. Persiapan yang matang akan mempermudah Anda sekeluarga untuk melaksanakan umrah dengan lancar.

Mengecek Kondisi Kesehatan Anggota Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah penting untuk diperhatikan, sebelum menunaikan umrah bersama keluarga. Karena sebagian besar kegiatan, baik itu rukun maupun ibadah lain di Baitullah merupakan ibadah fisik yang butuh kondisi tubuh yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga membutuhkan tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tak hanya kesehatan pribadi, tapi setiap anggota keluarga perlu diketahui kondisi kesehatannya. Pastikan, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan sehingga dapat diurus oleh anggota keluarga lain yang berangkat bersamanya. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan tenaga medis dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum pergi ibadah umrah.

Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal kegiatan yang tidak sama, seperti orangtua yang harus bekerja, anak yang sekolah, dan seterusnya maka dibutuhkan pemilihan waktu yang tepat untuk berangkat umrah sekeluarga. Jangan sampai waktunya bentrok, sehingga kegiatan utama justru terabaikan.

Anda dapat memilih waktu-waktu seperti liburan sekolah anak-anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan sesudah musim haji ( supaya tak terlalu ramai) atau ketika bulan Ramadhan. Jadwalkan waktu khusus yang disepakati agar dapat dijalani oleh semua anggota keluarga.

Menyiapkan Barang Bawaan

Nah, jika persiapan dokumen sudah lengkap, waktu umrah juga sudah dipilih, saatnya Anda meluangkan waktu membuat daftar bawaan yang Anda dan keluarga butuhkan. Ketika menyiapkan barang bawaan, pasti semua terlihat penting untuk dibawa. Jadi Anda tidak sadar bahwa barang bawaan Anda terlalu banyak bahkan melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus serius memikirkan prioritas barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda tidak sedang pindahan selamanya tapi hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Lihat berapa bagasi yang tersedia untuk Anda. Pertimbangkan pula bahwa ketika kembali dari tanah suci, Anda butuh ruang jika Anda membawa oleh-oleh khas Arab untuk dibawa ke tanah air.

Banyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang juga penting adalah banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar impian Anda tercapai untuk dapat melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci bersama keluarga. Tugas Anda terus berikhtiar, akan tetapi Allah yang berhak menjadi penentu apakah Anda layak untuk beribadah di rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tak cukup berdoa saja, wujud ikhtiar Anda juga bisa dengan cara rajin bersedekah agar Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda saat menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam rangka menjalankan ibadah.

Itu tadi 7 tips mempersiapkan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda lakukan. Semoga bisa memperkuat niat serta menambah semangat Anda dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci bersama orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id