3 Inovasi Berbasis Teknologi Arab Saudi Ini Kian Menarik Wisatawan Luar Negeri

Kategori : Features, Wisata, Ditulis pada : 11 Februari 2024, 15:50:59

Siapa sangka, Saudi kini gencar sekali menerapkan inovasi berbasis teknologi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dari seluruh penjuru dunia. Saudi memiliki target untuk mendatangkan jutaan turis pada tahun 2030 mendatang. Oleh karena itu mereka cukup aktif meningkatkan pengalaman pengguna atau wisatawan yang mengunjungi wilayah mereka agar jumlah pengunjungnya semakin tinggi dari waktu ke waktu.

yaroslav-muzychenko-xG-pV6Eu-bE-unsplash.jpgPhoto by Yaroslav Muzychenko on Unsplash

Paling tidak ada 3 inovasi berbasis teknologi yang diadopsi oleh Arab Saudi hingga tahun 2024 ini. Apa saja ya inovasinya? Yuk, segera kita simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Inovasi Berbasis Teknologi Saudi untuk Menarik Wisatawan

 

 

  • Aplikasi Nusuk & KSA Visa

 

Saat ini, Arab Saudi memiliki platform khusus untuk mengurus keperluan umrah dan visa digital untuk mempermudah jamaah umrah & wisatawan untuk datang ke Arab Saudi. Melalui aplikasi Nusuk, Anda bisa memesan kebutuhan selama umrah seperti tiket pesawat, akomodasi, katering, dan transportasi selama di tanah suci. Untuk visa digital, ada KSA Visa yang bisa menghemat waktu Anda untuk mengurus visa. Dua aplikasi ini disinyalir menjadi pendorong banyaknya wisatawan & jamaah umrah dari seluruh dunia datang ke Saudi.

 

 

  • Taksi Terbang

 

Inovasi terbaru yang diluncurkan Saudi awal tahun 2024 ini adalah dengan memesan 100 jet bernama Lilium dari negara Jerman. Pesawat jet ini akan dioperasikan untuk mengantar jamaah umrah dan haji dari bandara King Abdul Aziz Jeddah ke hotel|hotel-hotel) di sekitar Masjidil Haram di Makkah. Disebut taksi terbang karena kapasitas pesawatnya hanya untuk 6 penumpang saja, serta dioperasikan terbatas dari bandara Jeddah ke landasan yang ada di hotel seputar Masjidil Haram di Makkah. Jamaah umrah & haji sangat antusias dengan inovasi ini, karena dapat memberikan user experience atau pengalaman pengguna yang lebih baik selama berada di tanah suci. 

 

 

  • Mobil Polisi Berteknologi AI

 

Selain taksi terbang, Saudi juga memperkenalkan mobil polisi yang canggih berteknologi AI untuk memperkuat armada kendaraan patroli Kepolisian Kerajaan Arab Saudi. Kendaraan canggih berupa sedan dari Lucid tersebut dirilis Februari untuk meningkatkan efektivitas patroli keamanan di seluruh wilayah Saudi. Dengan berbekal teknologi AI, dilengkapi dengan kamera & drone, mobil listrik inovatif tersebut siap membantu pemerintah Saudi menjaga keamanan & keselamatan masyarakat. Saudi bahkan telah menandatangani perjanjian dengan produsen mobil Lucid untuk membeli 100.000 mobil sedan listrik itu. Seiring dengan meningkatnya keamanan di Arab Saudi, diharapkan akan meningkatkan minat wisatawan untuk datang, karena merasa aman dan nyaman selama di Arab Saudi.

Nah, itulah 3 inovasi berbasis teknologi yang gencar dihadirkan Saudi guna menarik wisatawan dan jamaah haji serta umrah untuk datang ke wilayah Saudi. Hal ini tentunya menambah nilai plus bagi ekosistem haji dan umrah karena jamaah juga akan merasakan kebaikan dari inovasi strategis dari Saudi tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id